ALAT DAN BAHAN PROSES PENGELASAN

Alat dan Bahan yang diperlukan selama proses pengelasan berlangsung adalah sebagai berikut :

1.      MESIN LAS DAN PERLENGKEPANNYA
Pesawat arus bolak-balik (Mesin Las AC) pada dasarnya merupakan suatu transformator “step-down” yang dapat mengubah tegangan arus listrik misalnya listrik permulaan (120 atau 220 Volt) menjadi tegangan kecil yang menghasilkan arus besar yang sesuai untuk pekerjaan mengelas.





2.      HELM
Helm las digunakan untuk melindungi kulit muka dan mata dari sinar las (sinar ultra violet dan ultra merah) yang dapat merusak kulit maupun mata, Helm las ini dilengkapi dengan kaca khusus yang dapat mengurangi sinar ultra violet dan ultra merah tersebut. Ukuran kaca las yang dipakai, tergantung pada pelaksanaan pengelasan.





3.      GLOVESS
Sarung tangan dibuat dari kain, kulit, karet dan asbes lunak untuk memudahkan memegang pemegang elektroda. Pada waktu mengelas harus selalu dipakai sepasang sarung tangan supaya tangan kita tetap aman.


4.      APRON / OVERALL/WEARPACK
Apron adalah alat pelindung badan dari percikan bunga api yang dibuat dari kulit atau dari asbes. Ketentuan memakai sebuah apron pelindung, harus dibiasakan diluar baju kerja. Apron terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar.




5.      SAFETY BOOTS
Sepatu pengaman dipakai untuk menghindarkan kerusakan kaki dari tusukan benda tajam atau terbakar oleh zat kimia. Sepatu ini harus terbuat dari bahan yang sesuai dengan kebutuhan kita bekerja. Sepatu pengaman ini, pada ujungnya selalu dilapisi baja.



6.      SMEET TANG
  Tang atau penjepit panas digunakan untuk menjepit benda kerja yang dalam keadaan masih panas setelah selesai pengelasan.




7.      PALU TERAK
Palu ini digunakan untuk membuang / mengeluarkan hasil sisa (terak) pengelasan pada benda kerja.




8.      SIKAT LAS
Sikat las biasanya digunakan untuk  membersihkan kotoran sisa las-lassan yang masih ada. Bulu sikat ini terdiri dari kawat yang berdiameter kecil.

9.      MEJA LAS
Digunakan untuk meletakkan benda kerja yang akan di las.



10.   BENDA KERJA
Benda kerja yang akan digunakan sebagai media pengelasan.

11.  ELEKTRODE
Elektrode fungsinya untuk memberikan lelehan cairan yang akan digunakan untuk pengelasan. Dalam mengelas posisi elektroda harus tegak lurus dan miring 600-700 untuk menghasilkan alur las-lasan yang baik. 



0 Response to "ALAT DAN BAHAN PROSES PENGELASAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel