Alat-Alat Bengkel Kerja Bangku Mesin

1. KIKIR (FILE)
Kikir adalah suatu alat untuk mengikir benda kerja agar diperoleh permukaan yang rata dan halus yang dilakukan dengan tangan. Kikir juga berfungsi pada pekerjaan penyayatan besi untuk meratakan dan menghaluskan suatu bidang, membuat rata suatu bidang dan menyiku antara bidang satu dengan bidang lainnya.

A.    Bagian-bagian utama kikir


B.    Jenis –jenis kikir serta kegunaanya / fungsinya
1. Kikir gepeng {plat}  
 Kikir ini berguna untuk meratakan  membuat bidang sejajar tegak lurus




kikir gepeng / plat



2. Kikir persegi empat {square}  
Kikir ini berguna untuk  membuat bidang rata agar siku,  antara bidang yang satu dengan yang lain


 
Kikir persegi empat {square}




3. Kikir persegi tiga {triangle}  
Kikir ini berguna untuk meratakan  serta menghaluskan bidang yang berbentuk sudut 60 derajat, atau lebih besar (sering di gunakan untuk mengkikir mata gergaji)

 
  Kikir persegi tiga {triangle}


4. Kikir setengah bulat {half round}


Kikir ini berguna untuk , menghaluskan atau meratakan suatu bidang cekung


 
Kikir setengah bulat {half round}



5. Kikir bulat {round}

Kikir bulat berguna untuk menghaluskan serta menambah diameter  suatu lubang bulat
 
Kikir bulat {round}

C.    Pengelompokan kikir berdasarkan kode kekasaran gigi

Untuk dapat menghasilkan pengikiran yang maksimal, pemilihan kikir harus sesuai dengan jenis pekerjaan dan hasil pengikiran yang dikehendaki.

Tabel Pengelompokan kikir berdasarkan kode kekasaran gigi dan penggunaannya


D.    Cara penggunaan kikir

1.      Pemegangan dan penekanan kikir

Tangkai kikir harus dipegang dengan tangan kanan dengan ibu jari berada di atas tangkai kikir, sedangkan jari telunjuk mengikuti panjang tangkai kikir terlihat seperti gambar dibawah ini :


 



2.      Gerakan badan dan ayunan kikir 
gambar posisi kaki dan gerakan ayunan badan.
Mengikir merupakan suatu pekerjaan yang sepenuhnya menggunakan anggota badan dan tenaga yang cukup besar serta berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini tentunya perlu disertai dengan kenyamanan kerja dalam artian antara gerakan badan, pengaturan tenaga dan perasaan dapat berjalan secara serasi.


BACA JUGA : KIKIR - PENGERTIAN DAN PENJELASAN TENTANG ALAT KERJA BANGKU MESIN

  2. RAGUM (VISE)




Ragum adalah suatu alat penjepit untuk menjepit benda kerja yang akan dikikir, dipahat,digergaji,di tap,di sney,dan lain lain.


Cara menggunakan Ragum adalah dengan memutar tangkai (handle) ragum, Maka mulut ragum akan menjepit atau membuka/melepas benda kerja yang sedang dikerjakan. Bibir mulut ragum harus dijaga jangan sampai rusak akibat terpahat,terkikir dan lain sebagainya.
Dalam sebuah ragum terdapat bagian-bagian antara lain :
1.      Rahang gerak
2.      Rahang tetap
3.      Tangkai


Berdasarkan gerakannya ragum dibagi menjadi 3 jenis yaitu :
a) Ragum biasa              Ragum ini digunakan untuk menjepit benda kerja yang bentuknya sederhana dan biasanya hanya digunakan untuk mengefrais bidang datar saja.

b) Ragum berputar             Ragum ini digunakan untuk menjepit benda kerja yang harus membentuk sudut terhadap spindle(poros putar ). Bentuk ragum ini sama dengan ragum biasa tetapi pada bagaian bawahnya terdapat alas yang dapat diputar 360 derajat.

    
c) Ragum universal     Ragum ini mempunyai dua sumbu perputaran, sehingga dapat diatur letaknya secara datar dan tegak
CARA PENGGUNAAN  RAGUM
Cara penggunaan Ragum yang benar,yaitu:
A.    Memilih tinggi ragum yang sesuai.
Cara memilih ragum yang sesuai dengan tinggi badan anda :
1.      Berdiri tegak di ragum.
2.      Tempelkan kepalan tangan pada dagu.
3.      SIkut harus berada diatas mulut ragum dan apabila lengan kita ayunkan,sikut jangan sampai menyentuh bibir mulut ragum.
B.     Menjepit benda kerja pada ragum
Bila kita menjepit benda kerja pada ragum, benda kerja yang keluar dari mulut ragum janganlah terlalu tinggi, terrutama apabila bahan benda kerja itu terbuat dari logam tipis.Bila memungkinkan perbandingan bahan yang keluar dari mulut ragum harus lebih kecil daripada bagian yang terjepit.
Contoh Penggunaan Ragum
Berikut contoh gambar pencekaman benda kerja pada ragum.


BACA JUGA : RAGUM - PENGERTIAN DAN PENJELASAN TENTANG ALAT KERJA BANGKU MESIN 

3.JANGKA (COMPASS)
A.    Jangka tusuk
Jangka tusuk mempunyai sepasang kaki berujung lancip. Bila dalam keadaan tertutup ke dua ujung kaki tadi berimpit dan sama panjang. Jangka tusuk digunakan untuk menggambar lingkaran pada benda kerja dan untuk memindahkan jarak dari alat ukur (atau benda satu) ke benda lain.


B.    Jangka bengkok (outside calipers)
Sepasang kaki jangka bengkok berbentuk melengkung dengan radius yang sama. Jangka bengkok digunakan untuk mengukur diameter luar atau ukuran luar suatu benda. Alat ini terdiri dari sepasang kaki bengkok, per penekan dan sebuah mur baut sebagai pengatur.
Jangka bengkok sering digunakan karena mudah dalam penggunaannya (cara mengaturnya). Hasil ukuran harus dikonversikan dengan alat ukur mistar, meteran, atau siku-siku.


C.    Jangka kaki (inside calipers)
Fungsi jangka kaki adalah untuk mengukur diameter dalam (diameter lubang) atau lebar suatu celah. Kakinya berbentuk lurus dengan ujung menonjol ke luar. Hasil pengukuran harus dikonversikan dengan alat ukur mistar, meteran atau siku-siku.


BACA JUGA : JANGKA (COMPASS) - PENGERTIAN DAN PENJELASAN TENTANG ALAT KERJA BANGKU MESIN 4. MEJA PERATA (surface table)
Meja Perata ini berfungsi untuk menguji kerataan permukaan. Selain itu meja datar di gunakan untuk meletakkan benda kerja serta alat-alat menggambar.
Biasanya meja perata (surface table) terbuat dari besi tuang, keramik atau batu granit. Alat ini dipergunakan sebagai landasan untuk memukul atau meratakan benda kerja yang bengkok. Harus diusahakan agar permukaan meja datar ini tidak rusak atau cacat, dan hasil lukisan atau pekerjaan yang dikerjakan tetap baik.

BACA JUGA : MEJA PERATA (SURFACE TABLE) - PENGERTIAN DAN PENJELASAN TENTANG ALAT KERJA BANGKU MESIN

5.  CAP (STAMP)
Stempel terbuat dari baja paduan yang tidak dikeraskan karena sifatnya harus ulet (tought) dan cukup keras bisa mengalahkan benda yang distempel. Stampel adalah alat yang digunakan untuk mencetak angka – angka atau huruf pada benda kerja.
Stempel digunakan untuk menandai/memberi identitas suatu produk/benda kerja yang terbuat dari logam. Stampel ini juga dapat digunakan sebagai tanda kepemilikan masing – masing siswa. Biasanya digunakan nomor induk atau nomor absen siswa yang bersangkutan.
BACA JUGA : CAP (STAMP) - PENGERTIAN DAN PENJELASAN TENTANG ALAT KERJA BANGKU MESIN

1.      PAHAT (CISLE)
Pahat, adalah peralatan yang sangat penting dalam kerja bangku. Peralatan tersebut merupakan peralatan pokok untuk membuat celah sambungan, melubangi dan membentuk benda kerja. Pahat untuk membuat celah dan melubangi harus dipukul dengan palu. Bentuk ujung pahat disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan cara penggunaannya.


Pada waktu memahat, mata harus tertuju pada mata pahat. Karena dengan melihat ke arah mata pahat diharapkan sasaran pahatan dapat tercapai.

BACA JUGA : PAHAT (CISLE) - PENGERTIAN DAN PENJELASAN TENTANG ALAT KERJA BANGKU MESIN

1.      PENITIK (SCRIBER)
Penitik adalah alat yang digunakan untuk membuat lubang pada benda kerja. Penitik terbuat dari bahan baja karbon tinggi yang dikeraskan. Sedangkan ujungnya runcing membentuk sudut 30° sampai 90°.


Cara menggunakan penitik yaitu pertama pegang penitik dengah tangan kiri, dan tempatkan pada benda kerja. Penitik harus tegak lurus dengan banda kerja. Penitik dipukul dengan menggunakan palu satu kali dengan pemukul yang ringan, serta periksa posisinya jika sudah tepat baru dipukul dengan kuat agar didapatkan titik yang jelas, dengan syarat jangan terlalu keras.


BACA JUGA : PENITIK DAN PENGGORES (SCRATCHER) - PENGERTIAN DAN PENJELASAN TENTANG ALAT KERJA BANGKU MESIN

1.      PENGGORES (SCRATCHER)
Penggores (alat gores) adalah suatu alat untuk menarik garis-garis gambar pada permukaan benda kerja yang akan di kerjakan selanjutnya. Alat penggores ini terbuat dari bahan baja perkakas, di mana bagian badannya dibuat kartel (gerigi) agar tidak lincin pada waktu di pegang. Salah satu atau kedua ujungnya dibuat runcing membentuk sudut ±30°.


Cara Penggunaan:
Untuk mendapatkan garis lurus di atas benda kerja, penggores harus dimiringkan membentuk sudut 20° sampai 25°. Dan tekan penggores pada benda kerja. Condongkan penggores kearah maju. Untuk mendapatkan garis lurus ataupun sudut siku, maka kita juga perlu menggunakan alat bantu seperti mistar baja ataupun penggaris siku.
BACA JUGA : PENITIK DAN PENGGORES (SCRATCHER) - PENGERTIAN DAN PENJELASAN TENTANG ALAT KERJA BANGKU MESIN

1.      MISTAR BAJA (steel ruler)
Mistar baja adalah alat ukur yang terbuat dari baja tahan karat. Permukaan dan bagian sisinya rata dan halus, di atasnya terdapat guratan-guratan ukuran, ada yang dalam satuan inchi, sentimeter dan ada pula yang gabungan inchi dan sentimeter/milimeter.
Fungsi lain dari penggunaan mistar baja antara lain:
a.       mengukur lebar
b.      mengukur tebal serta,
c.       memeriksa kerataan suatu permukaan benda kerja.
Penggunaan


1.      HEIGHT GAUGE
Height gauge adalah sebuah alat pengukuran yang berfungsi mengukur tinggi benda terhadap suatu bidang acuan atau bisa juga untuk memberikan tanda goresan secara berulang terhadap benda kerja sebagai acuan dalam proses permesinan. Height gauge memiliki dua buah kolom berulir dimana kepala pengukur bergerak naik turun akibat putaran ulir kasar dan halus yang digerakkan oleh pengukur. Height Gauge digunakan untuk mengukur tinggi sekaligus menarik garis sejajar dan juga dapat untuk memeriksa ukuran tinggi. Selain itu dengan penambahan probe dua arah, height gauge mampu mengukur diameter luar dan dalam dari sebuah lubang dalam posisi horisontal.
Penggunaan:
Height gauge digunakan untuk menggaris sebuah bidang dan  mengukur tinggi atau tebal benda kerja seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
BACA JUGA : HEIGHT GAUGE - PENGERTIAN DAN PENJELASAN TENTANG ALAT KERJA BANGKU MESIN

  11.      GERGAJI (HACKSAW)
Gergaji besi adalah alat untuk memotong benda kerja panjang dengan ukuran yang telah ditentukan. Adapun bagian gergaji adalah :

Bagian-bagian gergaji:
1.      Bingkai
Terbuat dari pipa baja yang kuat dan kuku agar hasilnya lurus dan kuat bingkai yang dapat diatur terbuat dari pipa baja yang oval. Bingkai ini dapat di pakai untuk macam macam gergaji
2.      Tangkai
Biasanya terbuat dari bahan yang logam yang lunak
3.      Pasak daun gergaji
Pasak ini dipasang pada kedua bingkainya
4.      Mur kupu – kupu
Digunakan untuk mengngencangkan daun gergaji, pada pemasangan mata gergaji perlu diperhatikan arah matanya.

Pemeganan dan Penekanan Gergaji
Cara menggergaji hampir mirip dengan cara mengikir, yang berbeda adalah cara pemegangan. Untuk pemotongan yang berat, tekanan gergaji cukup besar, namun untuk pemotonganyang perlu lurus hasilnya, tekanan gergaji harus ringan.

LANGKAH PENGGERGAJIAN
1. Membuat Alur
Tinggi mulut catok/ragum sama seperti pada waktu mengikir, bagian yang digergaji harus sedekat mungkin dengan mulut catok/ragum. Pada permulaan menggergaji, tahan sisi gergaji dengan ibu jari (Gambar 9.2 a). Namun untuk pemotongan yang dianggap presisi (Gambar 9.2 b), sebelum digergaji benda kerja harus ditandai terlebih dahulu dengan kikir segitiga sebagai jalan awal penggergajian. Gambar 92 Membuat alur (permulaan menggergaji) (a) (b).

2. Awal Penggergajian
Sebagai awal penggergajian kedudukan gergaji, menyudut ± 30º (Gambar 9.3), selanjutnya gergajilah bagian sisi terlebih dahulu yang lambat laun sudutnya makin kecil. . Gambar 93., Sudut awal penggergajian

3. Pemotongan Benda Kerja
Potonglah benda kerja pada bagian yang dekat dengan mulut catok/ragum.

BACA JUGA : GERGAJI (HACKSAW) - PENGERTIAN DAN PENJELASAN TENTANG ALAT KERJA BANGKU MESIN


12. PENYIKU

Penyiku adalah siku-siku yang digunakan untuk menyiku benda kerja. Siku-siku geser digunakan untuk mengetahui kesikuan atau pembanding kesikuan sudut yang tidak membentuk 90 derajat sedangkan siku-siku dipergunakan untuk mengetahui sudut yang dibentuk adalah tepat 90 derajat.

Siku-siku geser adalah bentuk lain siku-siku di mana salah satu sisi siku-sikunya dapat digeser, jenis ini dipergunakan agar dapat menyesuaikan dengan bidang yang akan diperiksa kesikuannya. 
PENGGUNAAN PENYIKU 
Digunakan untuk membantu penggores dalam menggores benda kerja dan untuk mengetahui sudut yang dibentuk adalah tepat 90 derajat pada benda kerja.

BACA JUGA : PENYIKU - PENGERTIAN DAN PENJELASAN TENTANG ALAT KERJA BANGKU MESIN

34 Responses to "Alat-Alat Bengkel Kerja Bangku Mesin"

  1. Replies
    1. Buat saudara punya permasalahan ekonomi: hub aki santoro,karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro yang berminat,hub aki santoro di nomor 0823 1294 9955, atau KLIK DI SINI

      Delete
  2. Nice For U, Dont Forget Me.. And Yu See My Web - Regards :
    obat kuat viagra
    obat viagra
    viagra asli
    beli viagra
    http://viagra-id.com/obat-kuat/distributor-harga-obat-kuat-viagra/

    ReplyDelete
  3. Oe ANAK TKR :V Btw thx

    ReplyDelete
  4. Sudah bagus..yang banyak lagi MIN

    ReplyDelete
  5. terima kasih kami dapat mengerjakan tugas kami karna bantuan anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga nilai yg didapat bagus dan bermanfataat :D

      Delete
  6. Postingan yang sangat membantu dan bermanfaat sekali.
    Apabila ada yang membutuhkan peralatan automotif, bengkel dan peralatan lain silahkan kunjungi toko kami https://www.tokopedia.com/adarabc/


    Terimakasih

    ReplyDelete
  7. Good... Banyak membantu orng teknik😂

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. sama-sama yaa. terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel