Cara Memasukkan File Word, Excel, PPT kedalam Postingan Blog


Anda punya data yang ingin di lihat oleh umum melalui web atau blog? dan bisa mengubah data tersebut melalui dokumen tanpa harus memperbaruinya di web? Maka, yang terpikirkan pertama kali di benak anda adalah cara sinkron file Word, Excel, Powerpoint ke web/blog atau cara menyemematkan (Embed) file Word, Excel, Powerpoint ke web/blog.
Tidak seperti biasanya, file word dan excel ketika sudah di buat akan di print out  untuk menunjukkan datanya kepada orang tertentu dalam berbentuk fisik (kertas), namun alangkah baiknya juga apabila kita mencetaknya dan mempublikasikannya di web/blog, selain hemat kertas dan tahan lama, data anda juga fleksibel (dapat diubah) kapanpun anda mau.

Cara ini tentunya kita akan menggunakan alat penyimpan online, sebagaimana pada kesempatan ini akan menggunakan Google Drive dan Google Docs sebagai alat untuk mengedit dan mempublikasikan dokumen kita ke web.


Cara memasukkan file Word, Excel, PPT, di web/blog hanya membutuhkan 5 langkah, oleh karena itu perhatikan dengan seksama setiap langkah yang kami paparkan.

Unggah Dokumen ke Google Drive
Buka dan Edit Dokumen dengan Google Docs
Tempel Kode Embed Dokumen ke Web/Blog

Unggah/upload dokumen anda ke Google Drive, caranya cukup mudah, cukup google drive dan jendela tempat file anda berada lalu seret/drag ke google drive, berikut gambarnya.

Setelah dokumen anda terunggah selanjutnya buka dokumen tersebut dengan Google Docs, Klik pada bilah sebelah kiri dan akan menampilkan 3 macam dokumen yakni

Buka sesuai dokumen anda (disini akan membuka dokumen Excel), lalu edit jika diperlukan.

Publikasi dan Ambil Kode Embed Dokumen
Ketika anda membuka salah satu dokumen silahkan klik File>> Publikasikan di Web


Setelah itu akan muncul jendela baru lalu pilih tab Sematkan, selanjutnya tentukan data yang ingin anda publikasikan di web atau blog anda, dan berikan ceklist pada Terbitkan ulang secara otomatis saat perubahan dibuat (agar data yang disematkan di web/blog secara otomatis akan berubah bila ada perubahan di dokumen asli) dan Publikasikan, setelah itu salin kodenya, berikut gambarnya.

Paste/tempelkan kode tersebut di web anda, dalam hal ini InspirasiMR menggunakan blogger. Sebelumnya, agar anda dapat mengatur ukuran frame/bingkai dari dokumen anda tambahkan atribut style  pada kode sematan anda.

Berikut kode atribut style="":

style="border: none; height: 1070px; width: 600px;"
note: ubah yang ditandai merah (tinggi dan lebar) sesuai keinginan anda

tempelkan pada ujung  tag <iframe> tepat pada akhir sikut kurung >, berikut penerapannya.

Begitulah Cara Memasukkan File Word, Excel, PPT kedalam Postingan Blog.
Informasi ini bersumber dari Website Inspirasi MR dalam postingan Cara Memasukkan File Word, Excel, PPT di Web/Blog

Terimakasih telah memberi informasi yang sangat berguna, sebagai tanda terimakasih dan sumber ilmu kenan saya memposting tulisan dari website Inspirasi MR.
Terimakasih.

0 Response to "Cara Memasukkan File Word, Excel, PPT kedalam Postingan Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel