Mal Ulir

Mal Ulir
Mal ulir ini gunanya untuk mengukur atau memeriksa ulir. Alat ini terbuat dari bahan baja pelat. Satu set mal ulir terdiri dari beberapa buah mal. Mal ini ada yang terdiri hanya satu macam ulir saja, misalnya withworth dan ada pula yang terdiri dari dua macam ulir yaitu ulir withworth dan ulir metrik. Pada rumahnya terdapat tanda withworth 55° dan metris 60°.
Penggunaan mal ulir 
Jika kita akan memeriksa ulir baut/mur, maka rapatkan mal itu pada ulir tersebut . Bila mal itu masuk dengan baik pada ulir tersebut berarti ukuran ulir tersebut sama dengan ukuran ulir yang terdapat pada mal tersebut. Bila mal tidak cocok dengan ulir yang diperiksa, gantilah dengan mal-mal lainnya yang cocok/sesuai.
A.Macam-macam mal ulir 
1. Mal Ulir Whitworth 
Pada setiap mal terdapat angka misalnya 9 g, 11 g, 12 g, dan seterusnya. Angka-angka ini menunjukan bahwa mal tersebut mempunyai ulir 9 gang tiap inchi, berarti pula dapat digunakan untuk memeriksa ulir (baut dan mur) yang mempunyai gang 9 buah/inchi. 
Ciri-ciri Ulir Whitworth adalah:
 • Mempunyai satuan dalam inchi, dihitung jumlah gang sepanjang satu inchi
 • Sudut puncak ulir 55°
2. Mal Ulir Metris 
Ciri-ciri ulir metrik adalah:
  • Mempunyai satuan dalam millimeter yang diukur adalah jarak puncak ulir yang satu terhadap puncak ulir lainnya dalam satu putaran.
  •  Sudut puncak ulir 60°
Sumber: Nggawe dewe &  Artikel Teknik Mesin

0 Response to "Mal Ulir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel