MICROWAVE


Oven microwave merupakan peralatan alat rumah tangga yang sangat efisien dan hemat energi. Oven microwave dapat memasak 18 kali lebih cepat dari kompor biasa.

Microwave atau gelombang mikro adalah salah satu gelombang elektromagnet dalam spektrum gelombang elektromagnet. Gelombang ini tidak dapat dilihat mata kita karena panjang gelombangnya jauh lebih besar dari panjang gelombang cahaya.


Gelombang mikro dapat digunakan sebagai pemanas makanan karena memiliki tiga buah sifat dasar yang menjadi dasar prinsip kerja oven microwave. 
1. Pertama, gelombang mikro akan dipantulkan oleh bahan logam seperti baja atau besi. 
2. Kedua, gelombang ini dapat menembus bahan non logam tanpa memanaskannya. 
3. Terakhir adalah gelombang ini akan diserap oleh air.

Bagian-bagian utama microwave
Bagian-bagian utama microwave oven adalah sebagai berikut:
1. Transformator tegangan tinggi berfungsi untuk meningkatkan tegangan rendah (rumah tangga) menjadi tegangan tinggi.

2. Magnetron berfungsi sebagai pengubah tegangan tinggi menjadi energi gelombang mikro.
3. Pengarah gelombang sebagai pengarah gelombang mikro sehingga ke ruang masak.

4. Ruang pemanasan mempunyai dinding yang terbuat dari logam guna mendapatkan fungsi sebagai sangkar faraday yang bertindak sebagai penetralisir gelombang mikro yang mengenainya sehingga tidak ada gelombang yang keluar dari alat ini.

5. Panel operasi adalah unit yang bertindak selaku pengendali daya keluaran alat agar sesuai dengan kebutuhan yang terdiri atas timer (elektronik atau elektromekanik) dan sistem kontrolnya serta tombol-tombol operasi.
Microwave food and drinks
Meja Putar
6. Meja putar berfungsi untuk memutar mutar makanan sehingga matang merata.

7. Rangkaian pengaman yang terdiri dari sederetan sekering dan interlock sebagai pengaman dari kerja abnormal alat (hubung singkat, panas lebih).


Sinar Micro
Oven mikrogelombang bekerja dengan memancarkan radiasi gelombang mikro, biasanya pada frekuensi 2.450 MHz (dengan panjang gelombang 12,24 cm), melalui makanan. Molekul air, lemak, dan gula dalam makanan akan menyerap energi dari gelombang mikro tersebut dalam sebuah proses yang disebut pemanasan dielektrik. Kebanyakan molekul adalah dipol listrik, yang berarti mereka memiliki sebuah muatan positif pada satu sisi dan sebuah muatan negatif di sisi lainnya, dan oleh karena itu mereka akan berputar pada saat mereka mencoba mensejajarkan diri mereka dengan medan listrik yang berubah-ubah yang diinduksi oleh pancaran gelombang mikro. Gerakan molekuler inilah yang menciptakan panas.


Pemanasan oleh oven ini sangat efektif terhadap air, namun tidak begitu dengan lemak, gula, dan es. Pemanasan mikrogelombang kadang dijelaskan sebagai resonansi dari molekul air, hal ini terjadi hanya pada frekuensi yang jauh lebih tinggi, di sekitar 10 Gigahertz.



Microwave food and drinks

Kesimpulan: 
Pada dasarnya fungsi utama oven microwave adalah sama dengan kompor yaitu menaikkan suhu makanan. Secara lebih terperinci, tahapan dalam proses pemanasan di dalam oven microwave adalah sebagai berikut:
Magnetron yang terdapat di dalam oven microwave memancarkan gelombang mikro ke dalam oven microwave. Magnetron adalah sejenis tabung hampa penghasil gelombang mikro. Sebagai gelombang elektromagnetik, gelombang mikro yang merambat membawa energi yang cukup untuk memanaskan cairan pada makanan.


Kemudian gelombang mikro tersebut akan terperangkap di dalam oven microwave karena terlindung oleh dinding oven microwave yang terbuat dari logam. Selanjutnya apabila gelombang mikro mengenai cairan, maka energi gelombang mikro ini akan diserap oleh cairan tersebut sehingga makanan bisa matang. Zat makanan lain yang juga akan menyerap panas oven microwave adalah gula, garam dan lemak.

Video
Sources: Google Search & Youtube By: 1. Isa Medy Aprilyan                (isa-tp1.blogspot.com) 2. Lilyani Putri Mardani          (lilyany98.blogspot.com) 3. Muchammad Lutfi Hakim   (lek-lut16.blogspot.com) 4. Muhamad Fajar Alhakim    (fajaralrizkia.blogspot.com) 

4 Responses to "MICROWAVE"

  1. I wish more authors of this type of content would take the time you did to research and write so well. I am very impressed with your vision and insight. sabaideereview.com

    ReplyDelete
  2. If you're a heavy microwave user now, you may want to invest in a SpeedCook microwave for the ultimate in convenience and time-saving meal preparation.analog vs digital weighing machine

    ReplyDelete
  3. Awesome article, it was exceptionally helpful! I simply began in this and I'm becoming more acquainted with it better! Cheers, keep doing awesome! microwave convection combo

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel