CARA MENGURUS GENSEN SENDIRI TANPA PERANTARA

Doumo minasan,
O genki desuka ?

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana sih cara mengurus gensen sendiri tanpa perantara. Sebenernya bisa mengurus gensen lewat jasa-jasa pengurus pajak, tapi kita juga bisa mengurus gensen sendiri kok, asal mau ribet dikit hehe. Caranya gampang,  asal ada kemauan pasti ada jalan. Begitu pula saya yang awalnya gak tahu sama sekali apa itu yang disebut gensen. Cari tahu sana sini akhirnya  nemu apa itu yang disebut gensen di blog masternya kenshuusei. Disitu disebutkan bahwa "Gensen adalah sisa pajak penghasilan yang diperoleh dari perusahaan/tempat kita bekerja di Jepang. Gensen diberikan setiap satu tahun sekali yaitu kisaran bulan Desember/Januari. Gensen ini berlaku untuk seluruh warga asing yang menetap di Jepang dengan berbagai macam status baik itu kenshuusei, perawat, WNI yang menikah dengan warga Jepang, WNI keturunan, dan lain-lain." Begitulah pengertian gensen itu sendiri.



contoh kertas gensen

Lalu bagaimana dengan cara mengurus gensen itu sendiri? 
Banyak cara mengurus gensen. Salah satunya lewat jasa-jasa yang melayani kepengurusan gensen, seperti exata dsb. dan juga bisa diurus sendiri dengan datang ke kantor pajak / zeimusho terdekat di daerah kalian masing-masing.

Mengurus gensen sendiri tentunya akan sedikit ribet dan memakan waktu. Tapi disitulah kita akan belajar mandiri plus itung itung belajar nambah ilmu. Hal mendasar yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan syarat-syarat dokumen apa saja yang harus dibawa sampai mengisi form di internet. Berikut adalah lampiran-lampiran dokumen yang harus disiapkan sebelum mengurus gensen.

Untuk lampirannya :
  1. Gensenchoshyuhyo ( Kertas Gensen yang diperoleh dari perusahaan )
  2. Potocopy Zairyoukado
  3. Potocopy My Number
  4. Potocopy Kartu Keluarga (yang sudah diterjemahkan ke bahasa jepang)
  5. Potocopy AKTA kelahiran
  6. Potocopy buku tabungan (bagian halaman depan yang ada nama dan nomor rekening tabungan)
  7. Rekapan Pengiriman dalam periode setahun( Kyodai, BNI, SBI dll )
  8. Formulir (Diperoleh dari Situs Pajak)
Nomor 8 yaitu formulir yang akan kita isi di internet. Dan nantinya kita siapkan dan harus kita bawa bersamaan dengan lampiran-lampiran dokumen lainnya. Dengan membawa formulir tersebut, kita akan lebih mudah saat mengurus gensen ketika berada di kantor pajak. Disana kita tidak akan lagi ditanya aneh aneh lagi, cukup dengan membyerahkan formulir tersebut pegawai kantor pajak akan mudah mengerti. Formulir sakti wkwk. Lalu bagaimana memperoleh formulir tersebut? berikut saya akan berbagi bagaimana cara mengisi formulir di internet. Berbekal pengalaman yang diajarkan oleh senpai, dengan senang hati, yukkk mari-mari.

Pertama Buka halaman situs pajak
https://www.keisan.nta.go.jp/kyoutu/ky/sm/top#bsctrl

Untuk detail cara pengisian bisa dilihat diblog ini melalui tautan berikut
CARA MENGISI FORMULIR GENSEN DI INTERNET

Perlu diperhatikan bahwa dalam pengisian data-data haruslah teliti jangan sampai ada yang terlewat. Termasuk dalam pengisisan formulir tahun gensen. Gensen tahun berapa yang akan kalian urus haruslah diperhatikan. Jangan sampai salah memilih form tahun gensen di internet. Misal contoh kesalahan di kertas gensen tertulis gensen tahun 30, namun kalian mengisi form di internet formulir gensen tahun 29. Itu jelas salah yaa hehe. Jadi jangan sampai salah sedikitpun demi kenyamanan wkwk. Dan yang penting lagi adalah jika form sudah diisi, jangan lupa untuk mencetak formulir tersebut :D

Jika semua lampiran kepengurusan sudah disiapkan. Bawalah ke kantor pajak terdekat yang ada disekitar kalian. Buka Google maps lalu cari saja dengan kata kunci,  ZEIMUSHO. Jika sudah pergilah ke kantor tersebut. Pastikan kalian pergi dalam kondisi kantor buka atau kantor sedang dalam keadaan jam kerja. Jangan sampai kantor pajak sedang dalam kondisi libur kita pergi kesana hehe, kan jadi sia sia  donggg wkwk

Gampang bukan caranya. Cukup dari saya, selamat mencoba semoga berhasil.
Sekian dan terimagajih. Semoga bermanfaat minasan.

Jyaa ne,,

8 Responses to "CARA MENGURUS GENSEN SENDIRI TANPA PERANTARA"

  1. Ko sya bukak web nya tampilannya beda ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah diperbaharui non. Silahkan dibuka kembali. Terimakasih.

      Delete
  2. mas ko tmen saya ngurus gensen ke kantor nya suruh byar skitar ¥7rb-10 rb,itu sebabnya apa ya?
    tp pas sya ngurus sebelumnya ga disuruh bayar sama sekali ?
    mhon infonya senpai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya mohon maaf mas, karena saya belum pernah menjumpai masalah seperti itu, saya tidak tahu persis mengenai masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya coba ditanyakan ke pihak perusahaan atau ke sensei pembimbing. Atau gak tanyakan saja ke pihak kantor pajaknya, minta penjelasan mengenai masalah tersebut alasan disuruh bayar karena apa.
      Semoga dapat membantu. :)

      Delete
  3. bang skarang tampilannya beda y
    nggak kayak dulu..minta pencerahannya bang
    onegaishimas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap tahun tampilannya selalu beda mas. Tapi intinya kurang lebih sama kok. Pahami dulu kurang lebih cara mengisinya sama. Gomenne, soalnya saya udah di Indonesia, gabisa banyak bantu.

      Delete
  4. untuk mengurus yang tahun kedua dan ketiga bagaimana yah bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya sama mas, diurus di webnya dengan memasukkan data data yg ada sesuai tahun dikeluarkan gensen tersebut.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel