CARA MENGISI FORMULIR GENSEN DI INTERNET

Hai, doumo minasan,
O genki desuka ?

Baru-baru ini ramai sekali perbincangan seputar gensen. Tentu teman-teman sudah tahu bukan gensen itu apa? Ya benar, gensen adalah sisa pajak penghasilan yang diperoleh dari perusahaan/tempat kita bekerja di Jepang. Gensen diberikan setiap satu tahun sekali yaitu kisaran bulan Desember/Januari. Gensen ini berlaku untuk seluruh warga asing yang menetap di Jepang dengan berbagai macam status baik itu kenshuusei, perawat, WNI yang menikah dengan warga Jepang, WNI keturunan, dan lain-lain.

Karena sebelumnya sudah pernah memposting tentang CARA MENGURUS GENSEN SENDIRI TANPA PERANTARA, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara mengisi formulir gensen di internet. Tanpa panjang lebar lagi, mari kita mulai mengisi formulirnya.

CARA MENGISI FORMULIR GENSEN DI INTERNET

Pertama, buka halaman situs pajak

Klik untuk membuat formulir baru

Selanjutnya klik pada pilihan berikut


Lalu klik pada menu berikut, kemudia klik pada pilihan sesuai gambar
Kemudian klik selanjutnya

Selanjutnya pilih kolom warna biru

Kemudian, klik selanjutnya


Kemudian isi tanggal lahir teman-teman dengan format tahun menggunakan tahun jepang, kemudian klik 次へ
Klik link berikut untuk mengetahui konversi tahun jepang, KLIK DISINI


Selanjutnya klik pada pilihan sesuai gambar berikut,





Selanjutnya klik pilihan berikut,



Kemudian siapkan kertas gensen yang sudah diterima dari perusahaan, dan isikan data-data yang dibutuhkan pada kolom sesuai gambar (Nomor 1,2, 5 dan 19). lainnya pilih なし




Kemudian klik 次へ,



Kemudian klik 次へ, sampai muncul kolom berikut. Kemudian isikan nama penerima uang yang ada di Indonesia beserta tanggal lahirnya


Kemudian klik selanjutnya terus sampai muncul angka nominal gensen cair




Muncul angka nominal gensen cair


Kemudian klik 次へ、dan isi sesuai kolom berikut,
Catatan: Apabila mempunyai adik yang berumur dibawah 16 tahun, pilih あり, kemudian isikan nama serta tanggal lahir pada kotak kedua dengan cara klik pada ikon digambar. Jika tidak punya, pilih なし tanpa mengisi apa-apa.



Kemudian klik selanjutnya, lalu pilih dengan cara apa uang gensen akan dicairkan. Kalo saya pilih transfer melalui bank yuuchou

Kemudian isi alamat rumah di Jepang

Kemudian isi alamat kantor pajak yang akan kita datangi
 Kemudian isi Nama dan nomor telepon jika mempunyai, kalo gak ada dikosongi aja


Selanjutnya klik 次へ

Kemudian isi my number pada kolom yang tersedia di nama kita saja, lainnya dikosongi.

Kemudian klik selanjutnya, jika muncul peringatan seperti ini klik いいえ

Selanjutnya klik kotak yang berwarna hijau seperti berikut untuk mendownload data dalam bentuk pdf

Jika dokumen (pdf) sudah didownload, langkah terakhir adalah menyimpan data ke file yang ada di laptop dalam bentuk .data, dengan cara klik pada kotak berikut. Data ini nantinya bisa kita gunakan untuk memperbaiki dokumen jika dokumen kita ada yang kurang terisi. Jadi tidak perlu mengulanginya dari awal lagi.

Langkah terakhir adalah mengakhiri sesi ini dengan cara klik 終了する, dan selesai

Perlu diperhatikan bahwa dalam pengisian data-data haruslah teliti jangan sampai ada yang terlewat. Dan yang terpenting adalah jika form sudah diisi, jangan lupa untuk mencetak formulir tersebut :D

Jika formulir sudah selesai dicetak, satukan dengan lampiran-lampiran yang sudah disiapkan sebelumnya, seperti fotocopy KK, rekapan pengiriman dan lain sebagainya, kemudian bawalah ke kantor pajak terdekat.  Untuk lampiran-lampiran yang harus dibawa bisa dibaca di postingan sebelumnya di CARA MENGURUS GENSEN SENDIRI TANPA PERANTARA. Pastikan teman-teman pergi dalam kondisi kantor buka atau kantor sedang dalam keadaan jam kerja. Jangan sampai kantor pajak sedang dalam kondisi libur, tapi kita nekat pergi kesana hehe, kan jadi sia sia  donggg wkwk

Gampang bukan caranya. Cukup sekian postingan kali ini tentang CARA MENGISI FORMULIR GENSEN DI INTERNET, selamat mencoba semoga bermanfaat ya teman-teman :)
Terimakasih.

5 Responses to "CARA MENGISI FORMULIR GENSEN DI INTERNET"

  1. Maaf bang. Sekarang menunya beda ya dri yg di atas.. bisa bantu cara yg baru nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bang untuk pengisian daftar tanggungan kok nama ibu saya tidak bisa di input...nama ibu saya SUSINELYATI apakah harus disingkat? dan menyikatnya harus gimana?

      Delete
  2. maaf bang untuk pengisian daftar tanggungan kok nama ibu saya tidak bisa di input...nama ibu saya SUSINELYATI apakah harus disingkat? dan menyikatnya harus gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan keyboard di setting sesuai data yang diinginkan pada web tersebut. Pake settingan keyboard biasa coba. Kalau gabisa pake settingan keyboard jepang.

      Delete
    2. tapi sudah saya input nama ibu saya mas...cuman jadinya Susinelyat.....kurang i nya harusnya susinelyati apakah tidak apa2 kalo kurang i nya??

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel